
Melanjutkan tulisan sebelumnya maka kali ini kita akan membuat program Android sederhana. Step by Stepnya adalah sebagai berikut:
Buka IDE Eclipse kita.
Kemudian buat project baru melalui menu File > New > Other (Android Project) > OK.
Pada jendela New Project, isikan Project Name, misal Konversi Rupiah; Tentukan target mesinnya, misal Android 2.2; Isi Application Name, misal Konversi Rupiah.
Isi Package Name, misal konversi.rupiah.
Isi Create Activity, misal Convert.
Isi SDK Version, misal 8.
Klik Finish.
Setelah membuat project, maka secara otomatis akan ter-generate beberapa folder dan file, Masuk folder res > values, edit file strings.xml (double click), Pada bagian ini kita akan menambahkan property komponen yang akan kita gunakan.
Pada jendela Android Resources, tambahkan beberapa item, sbb (catatan, Anda dapat langsung mengedit file strings.xml, atau melalui antar muka grafis.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
<string name="hello">Konversi Mata Uang Rupiah</string>
<string name="app_name">Konversi Rupiah</string>
<color name="myColor">#A3C65B</color>
<string name="buttonHandler">myClickHandler</string>
<string name="usdollar">US Dollar</string>
<string name="jpnyen">Japan Yen</string>
<string name="ausdollar">AU Dollar</string>
<string name="calc">Kalkulasi</string>
</resources>
Masuk folder res > layout, editlah file main.xml (double click), Pada bagian ini kita akan menambahkan komponen yang akan membentuk layout aplikasi (Tambahkan sebuah EditText, sebuah RadioGroup, tiga buah RadioButton, dan sebuah Button.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
android:background="@color/myColor">
<EditText android:id="@+id/EditText01" android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="fill_parent" android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
<RadioGroup android:id="@+id/RadioGroup01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content">
<RadioButton android:id="@+id/RadioButton01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/usdollar" android:checked="true"></RadioButton>
<RadioButton android:id="@+id/RadioButton02" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/jpnyen"></RadioButton>
<RadioButton android:id="@+id/RadioButton02" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/ausdollar"></RadioButton>
</RadioGroup>
<Button android:id="@+id/Button01" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/calc" android:onClick="@string/buttonHandler"></Button>
</LinearLayout>
Setelah membuat menentukan property dan layout komponen, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan logika pemrograman pada file Convert.java;
package konversi.rupiah;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.EditText;
import android.widget.RadioButton;
import android.widget.Toast;
public class Convert extends Activity {
private EditText text;
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
text = (EditText) findViewById(R.id.EditText01);
}
public void myClickHandler(View view) {
switch (view.getId()) {
case R.id.Button01:
RadioButton usdollarButton = (RadioButton) findViewById(R.id.RadioButton01);
RadioButton jpnyenButton = (RadioButton) findViewById(R.id.RadioButton02);
RadioButton ausdollarButton = (RadioButton) findViewById(R.id.RadioButton03);
if (text.getText().length() == 0) {
Toast.makeText(this,"Silahkan isi Angka yang benar!", Toast.LENGTH_LONG).show();
return;
}
float inputValue = Float.parseFloat(text.getText().toString());
if (usdollarButton.isChecked()) {
text.setText(String.valueOf(convertRupiahToUSD(inputValue)));
} else if (jpnyenButton.isChecked()){
text.setText(String.valueOf(convertToJPY(inputValue)));
} else if (ausdollarButton.isChecked()) {
text.setText(String.valueOf(convertToAUD(inputValue)));
}
}
}
// Konversi ke USD
private float convertRupiahToUSD(float usd) {
return (usd * 9000);
}
// Konversi ke JPY
private float convertToJPY(float jpy) {
return (jpy * 110);
}
// Konversi ke AUD
private float convertToAUD(float aud) {
return (aud * 8300);
}
}
Setelah menambahkan logika pemrograman pada file Convert.java, maka langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi Run > Android Application.
Android Sample Project
Catatan:
Sebelum me-Run program, pastikan Anda telah membuat Android Virtual Devices (AVD) terlebih dahulu. Selamat mencoba.
Sumber : http://swalt.info/index.php/pemograman/android/130-membuat-program-android-sederhana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar